Bintang-bintang Hollywood Dukung Obama

ome>>Mancanegara
Bintang-bintang Hollywood Dukung Obama
21/06/2008 07:55:04

LOS ANGELES (KR) - Selebritis Hollywood yang mendukung Hillary Clinton kini bergabung dengan Barack Obama, menjanjikan dana dan popularitas sebelum penggalangan dana pekan depan.

 Sejak Clinton mengakui kekalahannya menjadi capres dari Demokrat, selebriti menempatkan diri di belakang Obama. Hasilnya, kampanye besar-besaran bagi Senator Illinois itu meski sebenarnya para bintang tak mempengaruhi suara.

Los Angeles adalah kota yang dikuasai para bintang dengan kekayaan melimpah, tampaknya banyak selebriti yang akan hadir dalam penggalangan dana Selasa (24/6) mendatang yang diisi oleh penyanyi Seal, dengan tiket 2.300 dolar per lembar.

Sutradara Steven Spielberg dan rekannya David Geffen dari DreamWork Movie Studio serta CEO DreamWork Animation Jeffrey Katzenberg akan mengatur penggalangan dana bagi Obama akhir tahun ini, yang diungkapkan konsultan trio Hollywood Andy Spahn. Selebritis pendukung Obama lainnya termasuk Oprah Winfrey, Robert De Niro, Tom Hanks, Scarlett Johansson dan Halle Berry.

Hank, bintang 'Da Vinci Code' menyumbang dana bagi Bill Clinton saat menjabat sebagai presiden namun mendukung Obama via vidoe online awal Mei saat Hillary masih berkampanye. Dalam prakonvensi, Obama bermasalah mengumpulkan suara kaum Hispanic di beberapa negara bagian, yang menurut para pakar, karena Hispanic sulit memilih kandidat kulit hitam. Namun video pro Obama di Spanyol dengan selebritis Hispanic Jessica Alba, Jign Leguizamo dan komedian George Lopez dilihat lebih dari 250 ribu saat ditayangkan di YouTube.com.

Profesor Chon Noriega dari Universitas California mengakui peranan selebritis dalam membentuk citra kandidat. "Namun bukan karena George Lopez memilih seorang kandidat maka fansnya akan memilih kandidat yang sama," katanya. Sementara kandidat Republik Senator John McCain juga didukung selebriti seperti Robert Duvall dan Sylvester Stallone.

Sherry Bebitch Jeffe dari Universitas Southern California mengatakan jika politisi mulai tenar, pemilih akan mencari kandidat sesuai dengan keinginan mereka dan bukan karena dukungan kaum selebritis. Faktanya, bintang justru bisa merusak kampanye jika ia mengajak pemilih dengan cara yang salah.

Hal ini pernah terjadi saat Jane Fonda dan Barbra Streisand berkampanye bagi mantan Gubernur Texas Ann Richard dan Richard justru tak memperoleh dukungan. "Kadang mereka justru merugikan kandidat. Namun jika selebriti Hollywood serius dalam mendukung kampanye, mereka adalah penggalang dana yang potensial," ungkap Spahn.

Mitchell Schwartz, manager kampanye Obama untuk California mengatakan kemunculan Obama di Hollywood telah dibatasi. "Sepertinya kami masih belum menjadi kandidat Hollywood. Hillary lebih banyak mendapat dukungan di sana," tambahnya.       (AP/M-4)-g