Yahoo! Tawarkan Alamat Email Baru


Mendaftar account email baru memang kadang sangat menjengkelkan. Apa lagi bila Anda mendaftar pada penyedia email yang sudah terkenal semacam Yahoo! atau Google. Nama pilihan Anda sering kali sudah diambil orang lain dan Anda terpaksa membuat alamat email dengan nama yang tidak Anda sukai.

Masalah ini dipahami oleh Yahoo! yang sekarang menawarkan 2 domain baru untuk alamat email. Bila sebelumnya Anda hanya mendapat pilihan @yahoo.com sekarang Anda dapat tambahan pilihan @ymail.com atau @rocketmail.com. Dengan begitu bila Anda tak menemui nama yang cocok pada domain @yahoo.com, Anda dapat mencobanya di 2 domain yang lain.

Dengan kebijakan ini, Yahoo! berharap dapat merangkul lebih banyak pengguna internet. Diharapkan dengan tambahan 2 domain baru ini pengguna email Yahoo! akan berlipat tiga juga. Saat ini diperkirakan pengguna email Yahoo! sudah mencapai 266 juta pengguna.

Menurut data statistik, pengguna email Yahoo! menduduki peringkat pertama disusul oleh pengguna email Microsoft (hotmail). Namun pertumbuhan pengguna email keduanya belakangan ini tidak seberapa dengan pertumbuhan pengguna Gmail milik Google.

"Kami paham bahwa orang-orang menginginkan alamat email yang mencerminkan siapa diri mereka," ungkap John Kremer, vice president Yahoo! Mail seperti diberitakan AFP hari Kamis (19/06/08). Layanan free web mail seperti punya Yahoo! memang bekerja dengan cara first-come, first-served, artinya bila Anda mendaftar belakangan maka bisa jadi nama pilihan Anda sudah diambil oleh user lain.

Yahoo! berharap bahwa konsumen akan segera akrab dengan nama Ymail karena alamat ini yang digunakan untuk layanan email versi mobile. Sementara rocketmail adalah alamat email yang sebenarnya sudah diambil alih oleh Yahoo! sekitar tahun 1997 namun tak pernah diaktifkan.

Sejauh ini memang layanan email gratis ini tidak menghasilkan revenue secara langsung. Namun dengan makin banyaknya pengguna email Yahoo!, maka Yahoo! memiliki peluang pemasangan iklan yang pada akhirnya akan membawa revenue buat Yahoo!. (kapanlagi)